Pages

Minggu, 10 Juli 2011

Android Mulai Kuasai Pasar Smartphone Indonesia


Smartphone Android agaknya kian mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Penetrasi ponsel pintar dengan logo Robot Hijau ini berada pada kisaran 20% dari keseluruhan penjualan smartphone.

"Smartphone Android pada bulan Mei pasarnya mencapai sekitar 20% dari keseluruhan pasar smartphone yang meliputi BlackBerry, Apple dan sebagainya," ucap Fabiant Kayatmo, Product Marketing Senior Manager HHP Bussiness Department Samsung.

Mengambil data dari biro riset Gfk, Kayatmo menyatakan jumlah seluruh unit ponsel terjual di Indonesia mencapai kisaran 3,1 juta unit pada bulan Mei 2011. Dari total penjualan tersebut, 25% adalah smartphone.

Pertumbuhan adopsi smartphone di Indonesia memang terhitung amat tinggi. Pada tahun 2010, lonjakan pertumbuhan mencapai kisaran 65% dari tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan adopsi smartphone di Indonesia pada tahun 2010 mencai 65%. Ini bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan smartphone global," tukas Budi Janto, Samsung Mobile Bussines Director.

Menurut Budi, angka pertumbuhan adopsi smartphone di ranah global pada 2010 mencapai 60%. Lebih tingginya pertumbuhan di Indonesia menunjukkan masyarakat sudah banyak yang tertarik dengan ponsel pintar yang memang lebih canggih dibanding feature phone.

"Tren mulai bergeser ke smartphone yang punya beragam kecanggihan," tambah Budi. 

0 komentar:

Posting Komentar