Pages

Sabtu, 31 Maret 2012

Serangga Tomcat dan Pencegahannya Serangga Tomcat dan Pencegahannya

Serangga Tomcat atau bahasa latinnya Celeoptera : staphylinidae adalah sejenis kumbang rove yang mempunyai postur tubuh seperti semut berwarna hitam-merah dan juga mempunyai sayap.Tomcat mempunyai racun 12 kali lipat lebih kuat dari bisa ular cobra.
Biasanya tomcat hidup didaerah persawahan atau daerah rerumputan yang lembab tetapi karena terjadi ketidakseimbangan ekosistem,tomcat mulai menyerang perkotaan,tak jarang rumah,apartemen dan hotelpun menjadi sasaran.serangga jenis ini sangat menyukai daerah lembab,kalau malam serangga jenis ini sangat peka terhadap cahaya dan cenderung mendatangi sumber cahaya tersebut.
Bahaya dari serangga tomcat adalah bukan dari gigitannya seperti semut pada umumnya tetapi dari cairan yang dikeluarkan oleh tubuhnya.Cairan ini disebuat pederin yang bersifat toksin/beracun yang dapat mengakibatkan Paederus dermatitis ( gejala memerah dan melepuh seperti terbakar ).
Bagi petani serangga tomcat ini cukup berjasa karena serangga tomcat membantu memusnahkan hama yang menyerang padi,sehingga para petani cenderung tidak terlalu menghiraukan serangga ini.Biasanya para petani sudah terbiasa dengan serangga jenis ini dan mungkin inilah pencegahan dan penanganan pertama ( P3K ) apabila terserang serangga tomcat :
  1. Apabila serangga tomcat hinggap dikulit,jangan ditepuk dan dibunuh cukup ditiup sehingga tomcat tidak mengeluarkan cairannya dikulit kita,setelah itu basuhlah area kulit yang telah dihinggapi dengan air sabun.
  2. Apabila menemukan serangga tomcat dibaju maka segera ganti dan mandi.Ada baiknya lemari baju dibersihkan dan diberi kapur barus.
  3. Dalam hal serangga tomcat telah berkumpul dan membentuk koloni dirumah kita,maka ada baiknya memanggil bantuan atau kita dapat menyemprotkan peptisida atau cairan sabun + deterjen dengan sedikit dicampur minyak tanah namun ingat hindari sebisa mungkin kontak langsung dengan serangga ini karena dalam keadaan terancam serangga tomcat akan lebih banyak mengeluarkan cairannya.
  4. Memutuskan jalur tomcat dengan menggunakan kapur barus atau kapur bagus.
  5. Apabila sudah terlanjur terkena racun serangga tomcat,maka cuci area kulit tsb memakai sabun,hentikan menggaruk agar tidak meradang dan menjalar kebagian lain,olesi area kulit dengan Salep betametasone + antibiotik neomycin sulfat-3 x sehari atau Salep Acyclovir 5% .
  6. Matikan lampu kamar apabila malam hari menjelang tidur.
  7. Jaga kebersihan.

0 komentar:

Posting Komentar