Pages

Sabtu, 31 Maret 2012

Google Kembangkan Asisten Serupa Siri

TEMPO.CO , California - Sejak Apple merilis fitur Siri yang ada di iPhone 4S, para pengembang peranti lunak alias software serasa tertantang untuk membuat layanan serupa.
Beberapa aplikasi sejenis Siri di ponsel cerdas, misalnya, Iris, HTC Speak, Say It, dan Cluzee. Google pun tak ingin ketinggalan.
Perusahaan yang berbasis di California ini dikabarkan tengah mengembangkan sebuah aplikasi yang diklaim bakal melampaui pesona Siri. Sama seperti Siri, aplikasi asistensi yang dibuat Google ini juga berbasis perintah suara.
Mengutip laporan PC World, Senin, 5 Maret 2012, rencananya Google akan merilis aplikasi tersebut pada kuartal keempat tahun ini.
Salah satu perbedaan mendasar antara asisten pribadi dari Google dengan Siri adalah software buatan Google ini memiliki personalisasi atau rangkuman dari aktivitas penggunanya yang dilakukan selama menggunakan ponsel.
Artinya, smartphone akan mengidentifikasi perintah dan menggabungkannya dengan kegiatan pengguna ketika berselancar di dunia maya.
Sebenarnya Google sudah lama berkecimpung di dunia perintah suara ini. Salah satunya dengan menekan mikrofon pada kotak pencarian Google di ponsel Android kemudian mengatakan "Call (nama) at (tempat)", maka ponsel tersebut akan menghubungi nama yang dimaksud.
Fungsi perintah suara sudah diterapkan pada mesin pencari Google. Anda tinggal menekan ikon speaker dan mengucapkan apa yang ingin dicari. Dalam tempo sekian detik pencarian yang Anda inginkan akan tampil.
PCWORLD | RINI K

0 komentar:

Posting Komentar