Pages

Sabtu, 31 Maret 2012

Google Gandeng Developer Android di Indonesia

TEMPO.CO , Jakarta - Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy mengatakan akan lebih menguatkan kerja sama dengan para pengembang aplikasi Android di Indonesia.
"Investasi ini yang akan lebih ditingkatkan," kata Rudi usai acara seremonial pembukaan kantor perwakilan Google Indonesia, di Cyber 2 Tower, Jakarta, Jumat, 30 Maret 2012.
Rudy mengatakan sebelum membuka kantornya di Indonesia, Google sudah berinvestasi di Indonesia dalam bentuk edukasi kepada para pengembang aplikasi Android di Indonesia. "Ini merupakan kesempatan besar yang harus dimanfaatkan oleh mitra kerja Google," katanya.
Menurut dia, edukasi terhadap para developer Android itu bukanlah hal yang mudah. Selain memakan waktu dan biaya, Google juga harus menyediakan para ahli yang paham mengenai sistem operasi Android. "Harus ada sumber daya manusia yang ahli untuk bicara kepada para developer Android," katanya.
Dengan pertumbuhan handset Android yang sangat cepat di Indonesia, semestinya, kata Rudy pertumbuhan pengembang aplikasi Android juga bisa lebih besar lagi.
Apalagi, menurut dia, harga perangkat Android di pasaran semakin terjangkau.
"Harga handset Android juga sudah turun 75 persen dibanding tahun lalu," katanya.
Rudy juga mengungkapkan tingkat penetrasi Android yang tumbuh lebih cepat dibanding ponsel cerdas lainnya. "Jadi ada banyak peluang bagi para developer Android di Indonesia untuk membangun kerja sama," ujarnya.
Pendirian kantor perwakilan ini, kata Rudy, merupakan investasi jangka panjang Google di Indonesia. "Indonesia punya nilai strategis dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan online yang tinggi," katanya.
Dengan rencana investasi jangka panjang, Google akan membangun ekosistem di Indonesia. "Kami tidak bicara hitungan tahun," katanya.
Selain dengan para developer Android, Google juga akan semakin meningkatkan kerja samanya dengan para pengiklan dan kalangan operator telekomunikasi di Indonesia.
Meski sudah menyatakan membuka kantor perwakilan di Indonesia, namun Google belum memberikan informasi dimana letak kantor perwakilan Google di Indonesia. Rudy mengatakan rencananya April nanti akan diberitahukan letak kantor Google tersebut.
IQBAL MUHTAROM

0 komentar:

Posting Komentar