Pages

Senin, 07 Maret 2011

Tips Cara Beriklan Di Internet Tips Cara Beriklan Di Internet

internet
Seiring berkembangnya zaman, teknologi di bumi juga semakin maju. Internet adalah salah satu wujud dari berkembangnya teknologi di bumi sebagai sarana media masa,dari tahun ke tahun jumlah pengguna internet di Indonesia yang meningkat diikuti juga dengan peningkatan jumlah usaha perdagangan barang dan jasa lewat media internet. Apa lagi manfaat internet juga banyak di gunakan untuk usaha terutama dalam hal perdagangan produk barang jasa. Sangat mungkin beberapa tahun ke depan akan terjadi lonjakan yang sangat signifikan transaksi jual beli di internet.
Bagi pemula yang baru belajar berbisnis di dunia maya, sangat penting untuk belajar memahami proses jual maupun proses beli sebelum terjun ke dalamnya. Di situs organisasi.org ini sudah dibahas beberapa artikel tentang transaksi jual beli di internet yang bisa anda cari lewat mesin pencari yang ada. Yang perlu anda sadari adalah bahwa di dunia internet tidak semuanya orang baik. Baik penjual maupun pembeli bisa jadi adalah orang-orang jahat yang siap merugikan orang lain.
Salah satu hal vital yang perlu anda pelajari sebelum melakukan penjualan di internet adalah bagaimana cara memperkenalkan produk anda di internet. Jika tidak ada yang tahu usaha anda di internet sudah pasti tidak akan ada orang yang akan melakukan pembelian produk barang maupun jasa yang anda tawarkan. Berikut ini adalah beberapa cara mengiklankan produk barang dan jasa anda kepada pengguna internet :
1. Memasang Iklan di Website Lain
Jika anda memiliki banyak dana anggaran untuk pemasangan iklan anda bisa dengan mudah menghubungi situs-situs web yang memiliki banyak pengunjung untuk membeli space iklan dengan ukuran tertentu. Umumnya semakin besar ukuran ruang iklan yang anda minati, maka semakin tinggi pula harga sewanya. Semakin strategis lokasi iklannya maka semakin mahal harganya. Pastikan pengunjung website yang anda pasangi iklan sesuai dengan target market anda.
Selain sistem sewa untuk jangka waktu tertentu anda juga bisa menggunakan sistem klik di mana anda hanya diharuskan membayar dari jumlah pengunjung yang datang dari iklan anda. Kedua sistem memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tinggal anda yang harus bereksperimen. Sebenarnya ada banyak bentuk iklan yang bisa kita tampilkan di website yang memiliki banyak pengunjung petonsial, namun saat ini yang terkenal adalah iklan gambar dan iklan teks.
2. Memasang Iklan di Situs Web Iklan Baris
Ada ratusan iklan baris lokal gratisan yang bisa kita pasangi iklan kita. Jika anda punya banyak waktu anda bisa pasang iklan di semua web iklan baris yang ada, namun jika waktunya terbatas anda pilih saja mana yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh pengguna internet indonesia. Biasanya ada jangka waktu iklan akan terhapus secara otomatis, sehingga harus secara rutin memasang kembali atau memperpanjang masa aktif iklan online kita di website iklan baris gratis.
3. Berpromosi di Forum Komunitas Netter dan Mailing List
Aktiflah di tempat orang-orang berkumpul di internet dan jadilah seseorang yang menyenangkan, baik dan bisa dipercaya. Banyak forum dan milis aktif bertebaran yang bisa anda jadikan media untuk mempromosikan produk anda, namun jangan melakukan spam agar anda tidak ditendang keluar dari komunitas tersebut. Cukup berikan kalimat pendek promosi anda pada footer (catatan kaki) atau signature (tandatangan) anda apabila diperbolehkan oleh pemilik atau pengelola situs web.
4. Membuka Lapak Dagangan di Kaskus
Saat ini banyak sekali pedagang-pedagang yang memanfaatkan forum komunitas online terbesar di indonesia untuk menawarkan produk barang dan jasa. Jumlah pengunjung kaskus yang sangat banyak, memungkinkan anda untuk membuka lapak dagangan anda sendiri dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan pada forum jual beli. Di fjb kaskus anda bisa melihat track record setiap orang dalam aktivitas transaksi jual belinya sehingga akan sangat membantu anda untuk mengidentifikasi calon pembeli yang punya niat jahat. Pastikan anda pelajari dulu cara membuat lapak jualan yang baik agar tidak dianggap sebagai penjual yang amatir.
5. Membuat Website Toko Online dengan Informasi Yang Detil
Sebagian besar orang yang tertarik akan mencari informasi tambahan yang cukup sebelum bertransaksi. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat situs web yang memuat berbagai informasi produk dan perusahaan. Anda perlu membuat situs web toko online anda sendiri baik dibuat sendiri maupun dengan bantuan jasa pembuatan toko maya. Buat toko online yang profesional agar calon pembeli yang datang mau membeli barang dagangan kita. Buatlah webstore yang baik dengan informasi produk baik serta lengkap secara verbal maupun non verbal. Tirulah standar toko online yang terkenal agar anda dianggap profesional juga hanya karena tampilan website toko yang menarik.
6. Memperkenalkan Profil Usaha dan Produknya di Website B2B
Perbanyak membuat profil usaha dan produk anda di situs-situs b2b (business to business) yang banyak dikunjungi para penjual dan pembeli dari dalam dan luar negeri. Jika produk anda berkualitas baik dan berharga murah, maka bisa saja dagangan anda laris manis diserbu pembeli baik partai kecil maupun partai besar (grosir).
7. Rajin mencari teman di internet dan gabung kopdar komunitas
Jangan malas untuk berinteraksi dengan pengguna internet lainnya walaupun anda tidak kenal sebelumnya. Bersahabatlah dengan netter-netter yang bertebaran di internet. Setelah bergabung dan memahami orang atau komunitas tersebut, anda bisa berpartisipasi dalam acara gathering alias kopi darat (kopdar) untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan anggota beserta pengurusnya. Di sana selain mencari teman baru, juga bisa untuk menawarkan produk kita secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan kecurigaan.
8. Rajin Memberi Komentar di Blog, Website dan Forum Terkenal
Lakukan blogwalking dengan mengunjungi website, blog atau forum ramai pengunjung yang bisa meninggalkan identitas kita terutama avatar, footer, signature, website url, dan lain-lain. Lakukan blogwalking, forumwalking, dan websitewalking tanpa melakukan spamming agar nama baik anda tidak tercemar. Buatlah Link atau pun signature yang singkat, padat, jelas dan mudah dimengerti.
======
Yang perlu anda lakukan adalah mengamati situasi dan kondisi yang ada lalu memilih beberapa jenis teknik pengiklanan yang paling efektif dan efisien. Setelah dilakukan, maka tugas anda adalah melakukan evaluasi sejauh mana efektifitas jenis-jenis teknik beriklan di internet yang telah anda jalani. Yang efektif harus dipertahankan atau ditingkatkan, serta yang tidak efektif segera dilakukan perbaikan atau ganti teknik beriklan yang lain. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan anda.

0 komentar:

Posting Komentar