Pages

Sabtu, 19 Maret 2011

Cara Membuat atau Membakar Bootable CD

Terkadang kita sering dibikin pusing  untuk membackup data pc / komputer kita, hasilnya jika suatu saat OS komputer kita error kita kebingungan bahkan harus ke tempat servis komputer dan menghabiskan tidak sedikit biaya hanya untuk instalasi ulang OS. Instalasi OS (Operating System) sebenarnya sangat sederhana dan mudah dimengerti asal kita mengetahui dasar-dasar komputer. Setting komputer agar “Boot from CD” bisa dilakukan di BIOS, kemudian masukkan CD Installer dan jalankan sesuai petunjuk.
Bagaimana cara mengkopi bootable cd ke komputer agar bisa bootable? Setiap CD Installer OS selalu bootable agar bisa di-boot from CD pada BIOS. Jika kita sembarang kopi ke Hard Disk (HDD) dan burn CD maka hasilnya CD tidak bootable artinya CD tersebut tidak bisa di-boot from BIOS karena terdeteksi sebagai media data CD. Cara yang BENAR untuk kopi CD Bootable ke dalam HDD adalah dengan menyimpannya kedalam format ISO baru kemudian dari file ISO ini dibakar ke CD menggunakan Nero atau software pembakar CD lainnya.
CD Bootable memiliki Image yang bisa dibaca oleh BIOS. Jadi intinya file ISO merupakan copy image CD tersebut. Bagaimana membuat file ISO? Ada beberapa software yang bisa kita gunakan untuk membuat file ISO dari CD antara lain Nero, ImgDISC, UltraISO, Alcohol 120%, dan sebagainya. Beberapa software tersebut memang tidak diberikan gratis, tapi banyak blogger yang rela membagikan program pembuat ISO secara gratis cari saja di Google. Biasanya file tersebut dihost di 4shared.com dan biasanya juga sudah ada Serial Number maupun Cracknya.
Yang sekarang saya gunakan adalah UltraISO Premium. Untuk membuat file ISO dengan UltraISO cukup mudah, tinggal klik Tools – Make CD/DVD Image tentunya dengan memasukkan CD Boot tersebut terlebih dahulu ke dalam CD/DVD ROOM kemudian tentukan tempat direktori penyimpanan file ISO tersebut dan Klik Make. Jika menggunakan Nero gunakan fasilitas Copy Boot CD terus target imagenya diubah (jangan CD/DVD RW tetapi direktori). Jika Anda menggunakan Nero file outputnya adalah .nrg
Jika Anda tidak punya CD Boot, tetapi punya file instalasi XP (misal) yang Anda copy ke HDD jangan khawatir kita bisa membuatnya menjadi Bootable CD kok. Caranya gunakan software nLite yang bisa didownload di www.nliteos.com. Untuk menggunakan software ini kita wajib menginstal Microsoft NET FrameWork karena nLite bekerja menggunakan FrameWork. Untuk download Microsoft NET Frame Work.

0 komentar:

Posting Komentar