Pages

Rabu, 21 Desember 2011

Menghemat pulsa akses Internet

Dalam berbagai kesempatan memberikan ceramah-ceramah di berbagai daerah, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah "bagaimana caranya supaya akses Internet menjadi murah?" "koq pulsa telepon saya setelah menggunakan Internet menjadi Rp. 1 juta se bulan?" sekitar itu lah pertanyaan yang sering kali muncul.
Umumnya peserta ceramah-ceramah tersebut agak kaget setelah saya beritahukan bahwa pulsa telepon saya di rumah untuk Internet per bulan sekitar Rp. 200.000-an dan iuran ke ISP saya indo.net.id sekitar Rp. 40.000-an per bulan. Sebuah angka yang relatif kecil sekali di bandingkan dengan jumlah informasi yang saya terima setiap hari sekitar 600-700 e-mail.
Pada kesempatan ini akan saya coba jelaskan bagaimana strategi yang dapat kita gunakan supaya Internet menjadi murah. Strategi & trik-trik tersebut saya peroleh dari pengalaman sehari-hari di lapangan.
Yang pertama, saya lebih banyak menggunakan e-mail di Internet dibandingkan melakukan browsing & chatting. Praktis 98% waktu saya di Internet adalah menulis, mengirim & menerima e-mail - sangat sedikit sekali waktu yang saya berikan untuk melakukan browsing. Berbeda dengan browsing & surfing di Internet yang memposisikan kita sebagai konsumen informasi saja, dalam e-mail sering kali saya menjadi produsen informasi & langsung di sebarkan ke berbagai mailing list, secara filosofi menjadi produsen informasi akan jauh lebih menguntungkan & produktif daripada konsumen informasi. Menjelaskan sesuatu akan lebih baik daripada sekedar menerima penjelasan. E-mail juga merupakan media komunikasi interaktif dua arah sehingga secara filosofis juga lebih baik daripada web yang hanya satu arah saja.
Ada cukup banyak trik-trik yang bisa dilakukan dalam menggunakan e-mail tersebut, seperti saya lebih suka menggunakan e-mail account ISP bukan free Web based mail seperti yahoo.com, hotmail.com. Kalau di hitung benar-benar maka menggunakan e-mail account di ISP akan jauh lebih murah daripada yahoo & hotmail.
Tuliskan semua e-mail yang akan dikirim secara offline (modem tidak dimasukan ke telepon) dan di antrikan dalam antrian Outbox siap untuk dibuang ke Internet pada saat nanti modem di sambungkan. Hal ini tidak bisa dilakukan jika kita menggunakan free web mail seperti yahoo & hotmail. Jika menggunakan yahoo & hotmail telepon harus dinyalakan pada saat menulis e-mail jadi sangat merugikan. Apalagi kalau harus menulis / membaca ratusan mail setiap hari-nya.
Dengan menggunakan software e-mail seperti Eudora, Microsoft Outlook, Microsoft Outlook Express dengan sekali tekan tombol send-receive semua mail di Outbox akan dikirim ke Internet dan mail dari Internet di ambil masuk ke Inbox. Seluruh proses hanya akan membutuhkan waktu sekitar 3-5 menitan saja untuk transaksi sekitar 500-an mail dengan isi biasa-biasa saja (tidak ada attachment). Bayangkan kalau biaya yang kita bayar Rp. 150 / menit ke ISP & Telkom, maka hanya butuh sekitar Rp. 1000-2000 / hari untuk menerima & mengirim ratusan e-mail dari / ke Internet. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika anda menggunakan Yahoo & Hotmail.
 

0 komentar:

Posting Komentar