Pages

Jumat, 11 November 2011

Perpustakaan USD telah menjalankan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008


foto berita artikel
Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (USD) menjalani kegiatan akreditasi perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) pada Selasa (25/10) sebagai bentuk pembinaan pada perpustakaan. Selama ini akreditasi dikenal dalam tingkat lembaga induk/instansi, misalnya suatu universitas akreditasi pada program-program studi, sekolah-sekolah umum, sekolah-sekolah khusus, dll dan sebagai pelaksananya adalah badan-badan akreditasi milik pemerintah seperti BAN-PT untuk tingkat perguruan tinggi. Pada tahun 2011 PNRI bertindak sebagai penyelenggara akreditasi khusus bidang perpustakaan dan baru pertama kalinya akan dilaksanakan. Kegiatan akreditasi oleh PNRI ini disebut sebagai kegiatan pra akreditasi, sedangkan akreditasi sesungguhnya akan dijadwalkan kemudian. Konon perpustakaan yang dievaluasi dan memenuhi kriteria akreditasi akan diberikan sertifikat kesiapan akreditasi (pra akreditasi).
Hal yang mempengaruhi Perpustakaan USD dipilih kemungkinan besar karena Perpustakaan USD telah menjalankan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 dan telah memegang sertifikat tersebut selama 3(tiga) tahun. Perlu diketahui bahwa untuk tingkat unit perpustakan di perguruan tinggi, sertifikasi ISO di Perpustakaan USD adalah yang pertama di Indonesia dan satu-satunya sampai saat ini. Diperolehnya sertifikat ISO 9001:2008 merupakan prestasi membanggakan, hal ini berkat dukungan penuh dari Yayasan dan Rektorat Universitas Sanata Dharma.
Asesor sebagai internal audit meminta Perpustakaan USD untuk menjawab atau mengisi instrumen akreditasi terdiri dari form data perpustakaan perguruan tinggi dan borang pertanyaan meliputi layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian materi perpustakaan, sumber daya manusia, anggaran, manajemen perpustakaan, perawatan koleksi perpustakaan, dan anggota. Asesor juga meminta data-data pendukung meliputi: surat keputusan pendirian perpustakaan, struktur organisasi, pengembangan program kerja, laporan dan data statistik perpustakaan. Instrumen ini akan digunakan sebagai pedoman pelaksanaan akreditasi mendatang. engan telah dijalaninya akreditasi perpustakaan ini semakin menguatkan komitmen Manajemen dan seluruh staf Perpustakaan USD untuk mengemban visi dan misinya dalam karya nyata dengan lebih baik lagi sebagaimana telah tertuang dalam kebijakan mutu Perpustakaan USD melalui penyediaan bahan pustaka, penelusuran informasi digital, jasa layanan pengguna dan memberi kepuasan kepada pengguna. Mari kita dukung dan terus semangat.

0 komentar:

Posting Komentar