Pages

Jumat, 11 November 2011

Artikel pengenalan teknologi web berbasis Java baru: Java Server Faces

Apakah teknologi Java Server Faces dan bagaimana gambaran fungsinya untuk aplikasi web berbasis Java?
Setelah Java Server Pages, Sun Microsystem and teman-temannya dari JCP melalui JSR-127 mendefinisikan teknologi baru untuk pemrograman web yaitu Java Server Faces.
Saat penulisan artikel ini teknologi ini belum mencapai spesifikasi final tetapi dalam status Public Review Draft 2 alias sudah mendekati final. Untuk mengerti seperti apakah Java Server Faces, Sun sudah menyediakan contoh implementasi yang disebut JavaServer Faces Reference Implementation EA 4 yang termasuk dalam Java Web Services Developer Pack 1.2 atau 1.3 (yang terbaru).
Teknologi JavaServerFaces dibuat untuk menyederhanakan pembuataan userinterface untuk aplikasi Java di server. Dengan model pemrograman yang terdefinisikan dengan baik dari Java Server Faces, maka developer dari berbagai tingkat kemampuan dapat secara cepat dan mudah membangun aplikasi web dengan menggunakan komponen UserInterface(UI) yang reusable dalam halaman web, menghubungkan komponen tersebut dengan sumber data aplikasi, dan mengkaitkan event yang dihasilkan client dengan event handler di server. Dengan teknologi Java Server Faces, aplikasi web tersebut dapat menangani kompleksitas dari penanganan user interface di server, mengizinkan developer untuk fokus pada kode aplikasi.
Teknologi JavaServer Faces terdiri dari:
- Sekelompok API yang mewakili komponen UI dan mengatur status/kondisi, penanganan event, validasi input, dan mendefinisikan navigasi halaman, serta dukungan internationalization serta aksesbilitas.
- Tag Library untuk Java Server Pages yang mewakili interface Java Server Faces dalam halaman JSP
Teknologi Java Server Faces membuat pemisahan antara logika aplikasi dan tampilan lebih baik lagi dengan disertai kemudahan menghubungkan layer presentasi dengan kode aplikasi.
Jadi kesimpulannya adalah Java Server Faces dapat digunakan bersamaan dengan teknologi JSP untuk menghasilkan user interface dari suatu aplikasi web di mana Java Server Faces memberikan kemudahan yang jauh lebih baik dari JSP dalam menangani layer presentasi dari suatu aplikasi web. Java Server Faces dapat digunakan di Servlet dan JSP Container yang mendukung JSP 1.2 karena JSF ini dibangun di atas teknologi JSP 1.2.
Java Server Faces diharapkan dapat menghasilkan IDE Java yang memiliki kemampuan RAD / drag drop untuk user interface aplikasi web. IDE yang akan menggunakan JSF ini salah satunya adalah Project Rave.
Ingin mengetahui spesifikasi Java Server Faces lebih lanjut? Download spesifikasi Java Server Faces
Bila Anda ingin mencoba Java Server Faces Anda dapat mendownload Java Web Services Developer Pack

0 komentar:

Posting Komentar