Pages

Selasa, 16 Agustus 2011

Nokia Masih No. 1 Penjual Ponsel Terbanyak

Penjualan ponsel di kuartal kedua tahun 2011 ini ditutup oleh Nokia di posisi pertama sebagai produsen yang paling banyak menjual produknya. Dari total 428,7 juta unit ponsel yang terjual di seluruh dunia, Nokia menjual sebanyak 97,9 juta unit.

Laporan dari Gartner menyebutkan bahwa penjualan ponsel di Q2 naik 16,5% dari kuartal yang sama di tahun 2010. Menyusul di belakang Nokia, ada Samsung yang menjual sebanyak 69,8 juta unit dan dibuntuti oleh LG dengan 24,4 juta unit.

Meskipun Nokia masih menduduki posisi puncak pembuat ponsel dunia, namun Gartner juga menggarisbawahi bahwa hal ini bukan dikarenakan kesuksesan pengenalan produk baru. Namun lebih karena pemotongan harga yang dilakukan retailer di Eropa dan China pada produk Nokia model lama.

Vendor lain yang berjaya di pasar adalah Apple yang ada di posisi 4, diikuti ZTE, kemudian RIM lalu HTC.

Gartner dalam laporannya juga menyebutkan penjualan smartphone seluruh dunia berdasarkan sistem operasinya di mana terlihat kekuatan Android yang menguasai pasar dengan menjual 46,7 juta unit. Symbian masih berada di posisi ke-2 dengan 23,8 juta unit dan disusul iOS milik Apple yang ada di posisi ke-3 lalu RIM yang ada di urutan ke-4.

Sistem operasi Android dan Apple iOS memang terus menanjak. Para analis dari Gartner meneliti bahwa kedigdayaan dua sistem operasi ini karena mereka memiliki kelebihan-kelebihan yang dinikmati konsumennya dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan pasar.

0 komentar:

Posting Komentar