Pages

Sabtu, 20 Agustus 2011

Konfigurasi Billing Sistem Mkahawa - Pada PC Server

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai mengkonfigurasi billing sistem Mkahawa pada PC Client, kini kita akan membahas melakukan konfigurasi Mkahawa pada komputer server. Langkah-langkahnya adalah :
  • Berhubung kita akan melakukan konfigurasi pada komputer server secara otomatis kita harus pindah ke komputer yang akan menjalankan Mkahawa sebagai server.
  • Dari halaman utama, klik Menu | Applications | System | Netcafe Billing Settings.
  • Berikutnya akan tampil halaman utama Internet cafe Management Software. Pada halaman ini, tersedia tiga buah pilihan yaitu apakah Anda ingin melakukan konfigurasi pada server, ataukah Anda akan melakukan konfigurasi pada PC client ataukah ingin menghapus service CCL dari autorun. Karena kita akan melakukan konfigurasi Mkahawa sebagai server, maka pilihannya dijatuhkan pada Server-Install as server mode.
  • Masukkan nama direktori home yang terdapat pada komputer server. Misalnya Anda isikan "supriyanto" lalu klik OK.
  • Proses konfigurasi Mkahawa dalam mode server di PC Server selesai dilakukan, klik OK.
  • Untuk mengaktifkan Internet Cafe Server, lanjutkan ke proses Logout, lalu mulai sesi kembali. Caranya masuk ke Menu | end Session | Logout
  • Setelah berada di halaman login Zencafe, login kembali dengan menggunakan username dan password yang terdapat pada sistem.
  • Pada saat pertama kali muncul di halaman utama Mkahawa Cyber Manager di komputer server, Anda akan diminta untuk memasukkan User Name dan password terlebih dahulu. Masukkan User Name dengan "admin" dan passwordnya dengan "admin", klik OK. Jika User Name dan password yang dimasukkan sudah sesuai maka akan tampil pesan Selamat Datang di Mkahawa Cyber Manager.
  • Sebelum menggunakan billing sistem Mkahawa, kita akan melakukan sejumlah proses konfigurasi di Mkahawa terlebih dahulu. Yang pertama, kita akan melakukan konfigurasi Product. Untuk layanan tambahan, di warnet biasanya menjual berbagai macam produk misalnya minuman, makanan kecil, CD kosong, dan sebagainya. Untuk membuat daftar produk klik button New. Setelah itu tulis kategori produk pada pilihan Category, jenis pilihan produk pada pilihan Name, dan harga produk pada price. Setelah terisi semua klik Accept. Lakukan hal sama untuk memasukkan produk yang lain.
  • lanjutkan untuk mengisi Stoct sesuai dengan stok barang yang ada dengan kondisi barang yang dijual di warnet.
  • Di bawah panel "Product", terdapat panel "Chasing" yang berisi jumlah pemakaian dan barang yang telah dibeli user/pengguna selama menggunakan komputer client. Setelah client atau user sudah selesai, klik "Cash". Dan secara otomatis jumlah pemakaian dan produk yang telah dibeli akan masuk ke "Log". Bila Anda klik "Log Cancelled" berarti Anda membatalkan jumlah pemakaian, dan tidak akan masuk ke "Log" atau laporan keuangan atau penggunaan.
  • Selanjutnya kita akan mengkonfigurasi Tariff. Pada panel ini terdapat sejumlah parameter untuk mengatur tarif per jam warnet, tingkat pembulatan rupiah ke berapa menit, sesuai dengan selera masing-masing warnet.
  • "Fractional After... minutes" adalah fungsi pecahan perdetik yang akan kita setting. Kondisi default adalah per detik. Apabila dibiarkan, maka tarif akan bergerak per detik sejak awal. Namun apabila kita telah memiliki kebijakan pembulatan per berapa menit, maka pada menu ini kita dapat set sesuai dengan selera kita.
  • "Hourly Rate" adalah isian untuk tarif per jam warnet Anda. Isikan sesuai dengan tarif warnet misalnya 3000, 4000, 5000, dan seterusnya. "Start Time" secara default akan dihitung pada pukul 00:00.
  • Klik semua hari mulai hari  Minggu hingga Sabtu (Sun, Mon, ... Sat), jika Anda menginginkan variasi tarif berlaku semala 7 hari tanpa pengecualian.
  • Klik "Add Price" untuk mengkonfigurasi tarif berdasarkan menit. Misalnya pengguna /user akan dikenakan tarif 1000 pada 20 menit pertama. Maka kita isi "Minutes" dengan 20, dan "Price" dengan 1000. Setelah selesai klik Accept.
  • Selanjutnya, sesuaikan tarif pembulatan sesuai dengan kebijakan masing-masing warnet. Anda dapat melihat contoh penerapan tarif yang lain dari url http://www.awali.org/blog/linux/tutorial/set-tarif-ccl-billing.html.
  • Pada panel paling bawah terdapat panel "Member". Pada panel ini, terdapat sejumlah opsi jika ingin melakukan kebijakan tarif yang berbeda kepada members warnet. Misalnya jika non members dikenakan tarif 3000, sedangkan untuk members 2500. Klik "New" untuk menambahkan member.
  • Pada kota Add new member, isikan dengan nama member. Selanjatnya isikan nama member dan biodata yang lainnya seperti email, Login ID dan nomor telepon.
  • Untuk melihat pemakaian seorang client, klik gambar salah satu icon, misalnya user01. Maka akan terlihat biaya pemakaian klien yang bersangkutan.
  • Untuk mengetahui jumlah pemakaian / keuangan semua client, masuk ke panel "Log" yang terdapat di bawah panel "Clients", dengan tampilan log.
  • Pada bagian "Report", Anda dapat melihat laporan pemakaian seluruh user/klien. Jika ingin menyimpan laporan, klik Save Report, dan berikan nama file laporan yang dihasilkan. Nantinya, file laporan dalam bentuk HTML ini, dapat dibuka dengan menggunakan web browser kesayangan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar