Pages

Kamis, 10 Februari 2011

Penjelasan dan cara install Apache Mysql PHP


Linux Apache Mysql Php Penjelasan dan cara install Apache Mysql 
PHP


WebServer
Sudah tidak asing lagi kita pastinya sering sekali mendengan kata-kata WebServer atau LAMP atau juga LEMP yang biasanya di pakai untuk menjalankan semua Website dengan Basis Os Linux atau juga PC dan Apple Mac. Berikut sedikit penjelasan singkat apa itu Apache Mysql dan Php yang pastinya ini Bukan nama Kapal Tempurnya US ya namun ini merupakan sebuah Aplkikasi untuk keperluan Web Server.

Penjelasan Singkat tentang Apache
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

Penjelasan singkat tentang Mysql
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

Penjelasan Singkat Tentang Php
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP dirubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
Bagaimana cara menginstall ketiga Aplikasi diatas yang telah saya coba jelaskan tadi berikut tahab-tahab cara pengintallannya :

Paket yang dibutuhkan Apache, MySQL dan PHP
Pada instalasi Operating System CentOS 5.2 64 bit minimal install, silahkan instal paket-paket berikut dengan menggunakan yum:
  1. yum install gettext httpd mysql mysql-server perl php php-mysql php-xml php-imap php-mbstring php-mcrypt php-pecl-Fileinfo php-pecl-memcache php-pear-DB php-pear-File php-pear-Log php-pear-Mail-Mime php-pear-Auth-SASL php-pear-Date php-pear-HTTP-Request php-pear-Mail php-pear-Net-Sieve php-pear-Net-Socket php-pear-Net-SMTP openssl perl-Net-SSLeay php-devel gcc gd php-gd  
Services
Nyalakan service httpd dan MySQL dan kemudian masukkan ke dalam script startup agar menyala otomatis apabila reboot dilakukan:
  1. service httpd start  
  2. service mysqld start  
  3. chkconfig --levels 235 httpd on  
  4. chkconfig --levels 235 mysqld on  
Untuk memastikan apakah service httpd dan mysqld sudah termasuk service yang dinyalakan secara otomatis pada saat mesin dinyalakan silahkan periksa melalui perintah :
  1. chkconfig --list  
  1. httpd           0:off   1:off   2:on    3:on    4:off   5:on    6:off  
  2. mysqld          0:off   1:off   2:on    3:on    4:off   5:on    6:off  
Sampai dengan tahap ini, apache, mysql dan PHP di mesin anda telah siap untuk digunakan, silahkan periksa halaman default yang dibuat oleh CentOS melalui browsing ke ip address mesin anda atau melalui nama domain apabila sudah resolve.

MySQL Secure Installation
Jalankan script mysql_secure_installation setelah anda melakukan instalasi MySQL, untuk menghilangkan Database Test, memberikan password root MySQL, menghapus remote access dan anonymous users.
  1. mysql_secure_installation  
  1. ...  
  2. Enter current password for root (enter for none):  
  3. OK, successfully used password, moving on...  
  4. Set root password? [Y/n] Y  
  5. New password:  
  6. Re-enter new password:  
  7. Password updated successfully!  
  8. Reloading privilege tables..  
  9. ... Success!  
  10. Remove anonymous users? [Y/n] Y  
  11. ... Success!  
  12. Disallow root login remotely? [Y/n] Y  
  13. ... Success!  
  14. Remove test database and access to it? [Y/n] Y  
  15. - Dropping test database...  
  16. ... Success!  
  17. - Removing privileges on test database...  
  18. ... Success!  
  19.   
  20. Reload privilege tables now? [Y/n] Y  
  21. ... Success!  
Memeriksa Konfigurasi PHP
Anda dapat memeriksa konfigurasi PHP yang terinstall di mesin anda melalui phpinfo
  1. cd /var/www/html/  
  2. vi info.php  
Masukkan baris berikut melalui editor
  1. < ?php phpinfo(); ?>  
Setal itu kita bisa memerisa melalui browser dengan cara mengetikan http://namadomain.com/info.php
Semua Sudah selesai dan tinggal kita melakukan setting di bagian Virtual Hostnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar