Pages

Minggu, 10 April 2011

cara membuat virtual network drive lan/wan


Membuat Map "Network Drive"

Network drive merupakan Virtual Drive yang berisi Map (alamat) suatu folder atau drive pada komputer lain di dalam suatu jaringan (LAN/WAN/WWW) yang sebelumnya sudah di sharring (bebas diakses=berbagi).

Keutamaan Network Drive ini terletak pada kecepatan aksesnya serta langkahnya yang simple, maksudnya jika anda sering sekali mengakses suatu folder pada komputer lain secara manual langkah anda adalah sebagai berikut :

1. Melalui Run : Klik start >> pilih RUN, lalu ketikkan Nama/IP komputer target beserta nama drive/folder target (yang sebelumnya telah di sharring) >> (enter).

Dengan cara ini terlalu banyak langkah yang ditempuh dan yang pasti jika anda menutup jendela windows explorer yang menuju folder dari komputer target maka anda harus mengulang kembali langkah diatas.

2. Melalui "My Network Places" :
A. Buka windows explorer
(caranya : klik kanan start >> pilih Explore / Ketikkan "explorer" pada RUN lalu Enter / Tekan tombol windows+E pada keyboard / klik start >> Programs >> Accessories >> Windows Explorer ) >> klik My Network Places >> klik folder target

=== Pada langkah ini akses folder target sangat lama dan anda harus mengulanginya jika jendela explorer folder target tertutup====

B. Melewati Workgroup : Buka windows explorer >> klik My Network Places >> klik "Entire Network" >> klik "Microsoft Windows Network" >> klik nama workgroup target (default : Mshome) >> klik nama komputer target >> klik nama folder target

=== Terlalu banyak langkah serta akses folder target sangat lama dan anda harus mengulanginya jika jendela explorer folder target tertutup====

Langkah-langkah membuat "Network Drive"
1. Buka windows explorer
2. Pada jendela windows explorer klik kanan "My Network Places" >> pilih "Map Network Drive"

3. Pada kotak "Map Network Drive", Pilihlah Drive Letter Yg anda suka Contoh U: , masukkan alamat url folder target atau klik Browse untuk mencari target >> Beri tanda ceklist pada kata "Reconnect at logon".

NB :
jika folder target masih di jaringan LAN lanjutkan ke point no.4 dan jika anda ingin terhubung dengan folder pada jaringan WAN/WWW (internet) lanjutkan dan ikuti point "Network Place Online (terkoneksi internet)".

NB: Sebagai Tambahan (jika perlu) :
- Kliklah "Connect using a different user name", jika anda ingin terkoneksi menggunakan
user name lainnya. (untuk LAN)


== Network Place Online (terkoneksi internet) ==

>> Kliklah " Sign up for online storage or connect to a network server", jika anda ingin membuat suatu drive atau folder online (terkoneksi internet), maka akan muncul kotak properti "add network place wizard".
>> klik next (tunggulah proses informasi atas kecepatan koneksi), pilihlah "Choose another network location", jika anda tidak terdaftar pada MSN Communities.
>> klik next >> lalu masukkan alamat URL target anda (LAN / Website / FTP), untuk lan anda dapat mengklik tombol Browse. Sebagai contoh saya gunakan URL FTP/"File Transfer Protokol" (ftp://download.website.co.id).
>> klik next, lalu beri tanda centang pada " Log on anonymously"
===(langkah untuk url website/ftp).===
>> klik next, lalu ketikkan suatu nama untuk virtual folder online ini.
===(langkah untuk url website/ftp).===
>> klik next, untuk mengakhiri beri tanda centang pada "open this network place when i click finish".
>> untuk dapat mengakses folder pada komputer yang melewati jaringan internet (website/ftp) anda perlu mengetikkan user name dan password dari suatu website/ftp.

4. Akhiri dengan mengklik Tombol "Finish"

Jika langkah diatas berhasil dilakukan maka anda sudah sukses membuat suatu "virtual drive network" yaitu ( U:/ ) anda tidak perlu lagi mengulangi langkah pencarian target dan yang penting drive ini cepat sekali ketika diakses. sebagai pemanis berilah nama lain/rename drive tersebut sesuai keinginan.


NB :
Untuk menghapus Virtual Network Drive : klik kanan drive yang akan dihapus >> pilih Disconnect
Untuk menghapus Network Places (FTP/WWW) : pilih folder yang akan dihapus lalu tekan tombol dellete.

0 komentar:

Posting Komentar